Karakteristik Transformator Pengujian

Transformator pengujian merupakan transformator yang digunakan dalam pengujian tegangan tinggi untuk membangkitkan tegangan tinggi arus bolak-balik dengan frekuensi rendah. Transformator pengujian memiliki karakteristik sebagai berikut.

  • Perbandingan jumlah kumparan transformator pengujian lebih besar dibandingkan transformator tenaga karena tegangan primer transformator pengujian adalah tegangan rendah dan tegangan sekundernya adalah tegangan tinggi.
  • Kapasitas daya transformator pengujian lebih kecil dibandingkan transformator tenaga karena yang dibutuhkan untuk terjadinya pelepasan (discharge) adalah tegangan yang tinggi bukan daya yang besar.
  • Transformator pengujian hanya menggunakan transformator satu fasa, kecuali untuk pengujian khusus karena pengujian tegangan tinggi umumnya dilakukan fasa per fasa.
  • Umumnya ujung kumparan transformator pengujian ditanahkan untuk keamanan.
  • Isolator transformator pengujian hanya diperhitungkan terhadap tegangan pengujian maksimum karena transformator pengujian digunakan di dalam laboratorium yang cukup dilindungi dari bahaya tegangan lebih (overvoltage). 
  • Konstruksi kumparan dan isolator transformator pengujian harus direncanakan dengan baik sehingga tercapai gradien tegangan yang seragam dan osilasi tegangan yang terjadi di dalam kumparan dapat diabaikan.


Referensi:

Arismunandar, A. (1990). Teknik Tegangan Tinggi. Jakarta: Pradnya Paramita.




Komentar

Postingan Populer

Sumber Bebas Dan Sumber Tidak Bebas

Pendekatan Dioda

Konfigurasi Sistem Distribusi Tegangan Menengah