Linieritas

Linieritas merupakan sifat elemen yang menyatakan hubungan linier antara masukan (input) dan keluaran (output). Linieritas terdiri dari 2 sifat, yaitu homogenitas (homogeneity) dan aditivitas (additivity).

Homogenitas

Homogenitas menyatakan bahwa jika masukan dikalikan dengan konstanta, keluarannya juga akan dikalikan dengan konstanta yang sama. Contoh homogenitas adalah sebagai berikut.

$$V = I \times R$$

Jika arus pada persamaan tersebut dikalikan dengan konstanta k, tegangannya juga akan dikalikan dengan konstanta k sebagai berikut.

$$k \times V = k \times I \times R$$


Aditivitas

Aditivitas menyatakan bahwa keluaran yang dihasilkan oleh beberapa masukan sama dengan jumlah keluaran yang dihasilkan oleh masing-masing masukan secara terpisah. Contoh aditivitas adalah sebagai berikut.

$$V_{1} = I_{1} \times R$$

dan;

$$V_{2} = I_{2} \times R$$

Jumlah tegangan yang dihasilkan oleh masing-masing arus pada persamaan tersebut sama dengan tegangan yang dihasilkan oleh kedua arus sebagai berikut.

$$V = \left (I_{1} + I_{2}\right ) \times R$$

$$V = \left (I_{1} \times R\right ) + \left (I_{2} \times R\right )$$

$$V = V_{1} + V_{2}$$


Rangkaian listrik yang memenuhi sifat homogenitas dan aditivitas disebut sebagai rangkaian linier. Rangkaian linier hanya terdiri dari elemen linier dan sumber linier berupa sumber bebas (independent source) atau sumber tidak bebas linier (linear dependent source).


Referensi:

Alexander, C. K., & Sadiku, M. N. (2013). Fundamentals of Electric Circuits. New York: McGraw-Hill.



Komentar

Postingan Populer

Sumber Bebas Dan Sumber Tidak Bebas

Pendekatan Dioda

Konfigurasi Sistem Distribusi Tegangan Menengah