Regulasi Tegangan Transformator

Regulasi tegangan transformator merupakan perubahan tegangan sekunder transformator dari kondisi tanpa beban (no load) ke kondisi beban penuh (full load) atau sebaliknya dimana tegangan primernya konstan. Regulasi tegangan transformator dinyatakan dalam persentase terhadap tegangan sekunder nominalnya. Pada transformator ideal, regulasi tegangannya adalah sebesar 0%. Semakin kecil regulasi tegangan transformator, semakin baik pengoperasian transformator tersebut. Regulasi tegangan transformator dapat dihitung dengan persamaan berikut.

$$VR = \frac {V_{2NL} - V_{2FL}} {V_{2FL}}$$

V2NL merupakan tegangan sekunder transformator saat kondisi tanpa beban dan V2FL merupakan tegangan sekunder transformator saat kondisi beban penuh. Regulasi tegangan transformator juga dapat dihitung untuk rangkaian ekivalen transformator yang diamati dari sisi primer dan sisi sekundernya. Untuk rangkaian ekivalen transformator yang diamati dari sisi primernya, regulasi tegangan transformator dapat dihitung dengan persamaan berikut.

$$VR = \frac{V_{1} - \left (a \times V_{2}\right )} {a \times V_{2}}$$

Untuk rangkaian ekivalen transformator yang diamati dari sisi sekundernya, regulasi tegangan transformator dapat dihitung dengan persamaan berikut.

$$VR = \frac {\frac {V_{1}} {a} - V_{2}} {V_{2}}$$

Baca Juga: Contoh Soal Mesin Listrik: Regulasi Tegangan Transformator 1


Referensi:

Guru, B. S., & Hiziroğlu, H. R. (2001). Electric Machinery and Transformers. New York: Oxford University Press.



Komentar

Postingan Populer

Sumber Bebas Dan Sumber Tidak Bebas

Pendekatan Dioda

Konfigurasi Sistem Distribusi Tegangan Menengah