Materi

Materi (matter) merupakan segala sesuatu yang memiliki ruang dan massa. Contoh materi adalah air (H2O), tanah, dan udara. Materi dapat dibedakan menjadi 2 berdasarkan susunan dan sifatnya, yaitu zat (substance) dan campuran (mixture) seperti yang dapat dilihat pada Gambar 1.

Gambar 1 Materi


Zat

Zat merupakan materi yang memiliki susunan konstan dan sifat tertentu. Contoh zat adalah air, amonia (NH3), dan oksigen (O2). Zat yang berbeda memiliki susunan yang berbeda juga dan dapat diketahui dari penampilan, bau, rasa, dan sifat lainnya dari zat tersebut. Zat dapat dibedakan menjadi 2, yaitu unsur (element) dan senyawa (compound).

Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana melalui perubahan kimia. Contoh unsur adalah oksigen. Senyawa merupakan zat yang terdiri dari dua atau lebih unsur yang disatukan melalui perubahan kimia dengan perbandingan konstan. Contoh senyawa adalah air.


Campuran

Campuran merupakan kombinasi dua atau lebih zat yang disatukan dimana zat tersebut tetap mempertahankan sifatnya. Contoh campuran adalah udara, larutan gula, dan campuran pasir dan serbuk besi. Campuran tidak memiliki susunan konstan sehingga campuran seperti udara dapat memiliki susunan berbeda pada lokasi yang berbeda karena perbedaan ketinggian, polusi, dan lainnya. Campuran dapat diuraikan kembali menjadi zat tanpa mengubah susunan dan sifatnya melalui perubahan fisika. Campuran dapat dibedakan menjadi 2, yaitu campuran homogen (homogeneous mixture) dan campuran heterogen (heterogeneous mixture).

Campuran homogen merupakan campuran dengan susunan yang seragam. Contoh campuran homogen adalah udara. Campuran heterogen merupakan campuran dengan susunan yang tidak seragam. Contoh campuran heterogen adalah campuran pasir dan serbuk besi.


Referensi:

Chang, R. (2010). Chemistry. New York: McGraw-Hill.




Komentar

Postingan Populer

Sumber Bebas Dan Sumber Tidak Bebas

Pendekatan Dioda

Konfigurasi Sistem Distribusi Tegangan Menengah