Pengubah Sadapan Di Dalam Tangki Dan Pengubah Sadapan Di Kompartemen Terpisah

Pengubah sadapan (tap changer) transformator dapat dibedakan menjadi 2 berdasarkan lokasinya, yaitu pengubah sadapan di dalam tangki (in-tank tap changer) dan pengubah sadapan di kompartemen terpisah (separate compartment tap changer).

Pengubah Sadapan Di Dalam Tangki

Pengubah sadapan di dalam tangki berada di dalam minyak transformator bersama dengan inti dan kumparan transformator. Sakelar pemilih (selector switch) dan sakelar changeover pengubah sadapan berada di bawah pengubah sadapan. Sakelar pengalih (diverter switch) pengubah sadapan berada di bagian atas kompartemen yang terpisah dari transformator yang umumnya berupa silinder tertutup yang terbuat dari bahan serat kaca (fiberglass) atau bahan sejenisnya.


Pengubah Sadapan Di Kompartemen Terpisah

Pengubah sadapan di kompartemen terpisah berada di dalam kompartemen yang terpisah dari transformator. Kompartemen tersebut terpasang ke sisi tangki transformator dan terhubung ke kumparan transformator melalui papan penghubung (connecting board). Sakelar pemilih, sakelar changeover, dan sakelar pengalih pengubah sadapan berada di dalam kompartemen minyak transformator dan terisolasi penuh dari minyak transformator.


Referensi:

Del Vecchio, R. M., Poulin, B., Feghali, P. T., Shah, D. M., & Ahuja, R. (2018). Transformer Design Principles. Boca Raton: CRC Press.




Komentar

Postingan Populer

Sumber Bebas Dan Sumber Tidak Bebas

Pendekatan Dioda

Konfigurasi Sistem Distribusi Tegangan Menengah